Selamat Datang di Website Desa Sigenti Selatan, Untuk mempermudah informasi, kami menghadirkan website ini sebagai media informasi kepada para masyarakat Kantor Desa Sigenti Selatan membuka pelayanan publik pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 15:00 WITA

Artikel

Tugas dan Fungsi Kepala Desa

21 Agustus 2021 10:17:11  Sakti Kule  32 Kali Dibaca 

Moh. Sakti Kule
Kepala Desa Sigenti Selatan

 

Tugas Kepala Desa terbaru diatur dengan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015. Peraturan ini mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 2015 sesuai tanggal ditetapkannya.

Permendagri 84 tahun 2015 mengatur tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa. Pada kesempatan ini hanya akan dibahas tupoksi yang ada dan melekat pada jabatan Kepala Desa. Sedangkan tupoksi perangkat desa sebagai unsur pembantu Kepala Desa akan dibahas pada tulisan tersendiri.

Sebelumnya kita perlu menyamakan pemahaman terhadap istilah tugas dan istilah fungsi yang akan kita bicarakan. Kita mulai dari kata fungsi saya artikan sebagai kebergunaan atau suatu kondisi sesuatu dapat berguna atau digunakan sesuai maksud sesuatu dibuat atau diadakan.

Contoh kongkrit kaki merupakan organ tubuh yang fungsinya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Jika karena suatu sebab misalnya seseorang lumpuh sehingga tidak dapat berpindah dari satu tempat (berjalan) tanpa bantuan alat ataupun orang lain maka dapat dikatakan kaki orang tersebut tidak berfungsi.

Sedangkan istilah tugas saya artikan sebagai yang harus dilakukan oleh organ/bagian/susuan (organisasi) secara keseluruhan yang menggambarkan berjalannya suatu fungsi. Fungsi kaki untuk melakukan aktifitas berpindah tempat, meskipun fungsi kaki sama namun dalam kondisi tertentu tugasnya bisa berbeda.

Kaki seorang pemain bola tugasnya dapat dikatakan untuk menendang bola dan memasukan bola ke gawang lawan. Sedangkan kaki seorang pelari tugasnya adalah berlari secepat-cepatnya untuk mencapai garis finis.

Gambaran di atas sengaja saya ulas agar tidak tertukar memahami mana tugas dan mana fungsi Kepala Desa yang akan kita bicarakan. Sekaligus memberikan gambaran untuk mengukur sejauh mana tugas yang dilaksanakan menunjang fungsi yang telah ditentukan.
Baiklah sekarang kita bicarakan fungsi Kepala Desa terlebih dahulu. Kepala Desa mempunyai 6 (enam) fungsi.

Enam Fungsi Kepala Desa yaitu :

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa,
  2. Melaksanakan pembangunan,
  3. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat,
  4. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan,
  5. Melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,
  6. Melaksanakan pengendalian dan penanggulangan bencana/ kegawat daruratan desa.

Seorang Kepala Desa dapat dikatakan berfungsi sebagai kepala Desa yang baik apabila dapat melaksanakan tugas yang relevan dengan keenam fungsi tersebut dengan baik.

Dengan kata lain seorang Kepala Desa dikatakan dapat menjalankan fungsinya diukur dengan pelaksanaan tugas dalam menjalankan keenam fungsi yang sudah disebutkan.

Dalam menjalankan fungsi untuk menyelenggarakan pemerintahan desa Kepala Desa mempunyai tugas diantaranya; memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, menyusun Rencana pembangunan jangka menegah Desa (RPJMDesa), Menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKPDesa) setiap Tahun, mengangkat dan memberhentikan perangkat desa, membina perangkat desa, menetapkan anggaran pendapatan dan belanja desa, mengadakan kerjasama dengan desa lain/kerjasama antar desa, memelihara dan mengembangkan asset desa untuk kemakmuran masyarakat, menetapkan kebijakan tataruang dan wilayah desa (RT/RW) sesuai dengan kebijakan diatasnya, menetapkan batas desa, melaksanakan tugas pembantuan yang diberikan dan disertai parasarana dan biayanya dan masih banyak tugas lain yang tidak mungkin disebutkan seluruhnya.

Baik tidaknya pencapaian pelaksanaan tugas yang sudah disebutkan paling tidak dapat memberikan gambaran secara umum seorang kepala desa mampu tidaknya menjalankan fungsi menyelenggarakan pemerintahan desa.

Fungsi yang kedua Kepala Desa mempunyai fungsi melaksanakan pembangunan. Meski fungsi ini mencakup tugas yang sangat luas namun dapat di kelompokkan kedalam dua kelompok saja yaitu pembangunan fisik/infrastruktur dan pembangunan non fisik.

Fungsi Kepala Desa dalam melaksanakan pembangunan lebih dititik beratkan pada pelaksanaan pembangunan fisik infrastruktur. Sedang pembangunan non fisik mencakup pembangunan sumberdaya manusia berkaitan erat dengan fungsi lainnya. Yaitu fungsi pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan.

Dalam melaksanakan fungsi ini Kepala Desa mempunyai tugas melaksanakan pembangunan infrastruktur dasar ; jalan sarana prasarana pendidikan yang menjadi kewenangan desa PAUD; sarana kesehatan (Posyandu);sarana irigasi skala desa dan lain-lain pembangunan sesuai karakteristik desa.

Pembangunan infrastruktur sejatinya harus ditunjukan untuk meningkatkan perbaikan kehidupan masyarakat. Salah satunya harus berdampak meningkatkan daya beli masyarakat.

Desa dengan karakteristik desa pertanian harus mengedepankan pembanguan irigasi, embung, akses jalan yang menunjang langsung usaha tani, mekanisasi alat pertanian, dan penyediaan sarana produksi pertanian.

Kepala Desa melaksanakan Fungsi Pemberdayaan masyarakat yaitu harus memfasilitasi dan menggerakan warganya dalam mengembangkan potensi SDM bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Fungsi Pemberdayaan masyarakat ini yang dapat dikatakan paling berat bagi Kepala Desa namun sering kali diabaikan. Kurang begitu dianggap penting buktinya sangat sedikit program kegiatan dan anggaran yang ditujukan bagi terciptanya upaya maksimal dalam mengembangkan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Jika fungsi pemberdayaan masyarakat tidak dapat dijalankan dengan benar maka masyarakat selamanya hanya akan menjadi objek pembangunan tidak pernah menjadi subjek pembangunan. Percepatan pembangunan sangat tidak mungkin tercapai, karena percepatan dalam pembangunan sangat bergantung pada pelaku subjek pembangunan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Agar mudah memahami kita ambil contoh situasi kongkrit disekitar kita. Masalah klasik tentang penanganan sampah. Desa Anda ingin menjadi desa bersih tanpa sampah. Jika hanya melulu menggunakan pendekatan fungsi pembangunan infrastruktur maka yang akan dilakukan adalah membanguan TPS Tempat pembuangan sampah, membuat gerobak sampah, menyediakan dana operasional pengangkutan sampah entah itu dari APBDes atau swadaya masyarakat.

Setiap orang nyampah setiap hari, semakin banyak orang semakin banyak sampah. Jadi masalah sampah ini adalah masalah yang ditimbulkan oleh setiap orang. Bahkan bayi yang baru lahirpun menghasilkan sampah berupa pampers setiap harinya. Seberapa besar Anda menyediakan tempat penampung sampah, dan seberapa kuat anda membiayai operasioanal penanganannya tidak akan cukup.

Coba lihat dan perhatikan masalah persampahan dikota dengan penanganan yang buruk jadi masalah yang tak kunjung selesai.

Persoalan sampah bukan semata diatasi dengan pembangunan infrastruktur tetapi juga harus dengan pemberdayaan manusianya. Masyarakat harus diajarkan mengelola sampah bukan membuang sampah. Pembelajaran seperti ini membutuhkan waktu lama dan sumberdaya tidak sedikit. Merubah perilaku orang tidak semudah membalikan tangan demikian pepatah mengatakan.

Makanya fungsi kepala desa dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat adalah yang paling berat. Idealnya kepala desa satu atau dua tahun fokus pembangunan infrastruktur dengan asumsi pembangunan fisik dilaksanakan dengan benar sehinggga mempunyai umur pakai lama. Dan empat atau lima tahun fokus melaksanakan tugas pemberdayaan masyarakat.

Tugas kepala desa dalam menjalankan fungsi pemberdayaan masyarakat adalah mewujudkan kemandirian dan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan dan menjadikan masyarakat sebagai subjek dalam pembangunan.

Fungsi menyelenggarakan pembinaan masyarakat dapat dijalankan dengan melaksanakan tugas menumbuhkan dan mengembangkan gotong royong masyarakat.

Menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat. Mensosialisasikan dan mendorong masyarakat melaksanakan hak memilih dan dipilih dalam pelaksanaan pilkades, pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden dan wakil presiden dan DPR/DPRD.

Membina kehidupan keagaamaan dan kerukunan antar umat beragama, Membina organisasi kemasyarakatan ; LPMD, PKK RW/RT dan kesatuan /kelompok adat yang ada dan diakuai dalam kerangka negara kesatuan RI.

Sedangkan dalam menjalankan fungsi pelayanan Kepala Desa harus menjalankan tugas pelayanan kepada setiap warga secara adil.

Kepala Desa menyelenggarakan pelayanan kependudukan dalam hal warga membutuhkan KTP ,Kartu Keluarga, permohonan pindah /warga pendatang . Memberikan pelayanan untuk memfasilitasi legalisasi surat tanah akta atau sertifikat. Melayani warga yang akan melaksanakan pernikahan, talak maupun rujuk (NTCR).

Dan melaksanakan tugas pelayanan lainnya yang dibutuhkan warga yang menjadi kewenangan desa. Dalam menjalankan tugas pelayanan mengedepakan prinsip pelayanan prima. Pelayanan cepat tidak pake ribet apa lagi berbelat belit, tepat sesuai harapan dan keinginan warga, tuntas semua pelayanan yang diberikan no complain.

Dan tidak kalah pentingnya berikan pelayanan gratis kecuali peraturan menentukan biaya yang harus ditanggung penerima layanan dan tidak ada pungli dalam bentuk apapun.

Sangat berat dan banyak tugas yang harus dijalankan Kepala Desa, namun jika dijalankan dengan penuh tanggungjawab dan didasari niat ibadah, akan berat pula timbangan amal kebaikan yang diterima.

Selamat menjalankan tugas sukses dalam segala hal semoga selalu menyertai.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Lokasi Wisata

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 399 Kali
Profil Desa
24 Agustus 2016 | 391 Kali
Visi dan Misi
07 November 2014 | 390 Kali
Pemerintahan Desa
26 Agustus 2016 | 388 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 381 Kali
Data Desa
22 November 2020 | 50 Kali
BERITA DUKA
21 Agustus 2021 | 32 Kali
Tugas dan Fungsi Kepala Desa
06 Oktober 2021 | 1 Kali
SDGs Desa : Pengertian, Tujuan dan Sasaran
02 Agustus 2021 | 1 Kali
Giat MUSDES Malam Hari
20 Juni 2020 | 6 Kali
Mari budayakan membaca buku untuk Indonesia maju
19 Juni 2020 | 15 Kali
Wamendes Budi Arie, Resmikan Desa Digital
26 September 2021 | 10 Kali
Laporan Pelaksanaan APBDes Sigenti Selatan Tahun 2021
07 November 2014 | 390 Kali
Pemerintahan Desa
22 April 2014 | 3 Kali
Pengaduan

Komentar Terbaru

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Tran Sulawesi Desa Sigenti selatan
Desa : Sigenti Selatan
Kecamatan : Tinombo Selatan
Kabupaten : Parigi Moutong
Kodepos : 94468
Telepon :
Email : admin@sigentiselatan.desa.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:0
    Kemarin:0
    Total Pengunjung:0
    Sistem Operasi:
    IP Address:
    Browser: